Belajar Pengembangan Bumdes, Pemerintah Desa Pragu Sambangi Bumdes Tirta Artha Mandiri

Adm | 17 Desember 2019 12:45:14 | Berita Desa | 146 Kali

Pragu - pragu-rembang.desa.id, Selasa (17/12/2019) Kepala Desa Pragu beserta perangkat desa melakukan kunjungan ke BUMDes Tirta Artha Mandiri yang berada di Desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Kunjungan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa dan studi kerja pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Bupati Rembang pada saat pelantikan kepala desa di Pendapa Museum Kartini. Bupati Rembang menginstruksikan agar setiap desa dapat mendirikan BUMDes dengan tujuan untuk mewujudkan kemandirian desa.

Nismanto selaku narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa saat ini di Desa Tirtonirmolo sudah terdapat beberapa kios desa dan pasar desa serta ruang pamer dan kuliner niten.

"Kami menjalin kerjasama dengan anak-anak muda desa untuk mengembangkan potensi wisata desa.  Saat ini mereka sedang mengelola Sungai Bedog sepanjang 5 km. Sungai tersebut mereka gunakan untuk kegiatan susur sungai seperti arung jeram," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Pragu Ahmad Subhan juga menyampaikan bahwa di Desa Pragu sudah ada potensi kegiatan ekonomi untuk pendirian BUMDes yaitu pengelolaan waduk dan pembangunan kios desa.

Dalam pembentukan BUMDes ada beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pembuatan AD/ART dan peraturan-peraturan yang mengatur tentang badan tersebut. Serta kepengurusannya murni dari masyarakat agar BUMDes dapat bersifat independen.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung