Program Vaksinasi Covid-19 Sasar Masyarakat Umum Di Desa Pragu

Adm | 11 Juni 2021 12:46:49 | Berita Desa | 123 Kali

Pragu - pragu-rembang.desa.id, Pemerintah Pusat mencanangkan program vaksinasi Covid-19 kepada warga negaranya agar tercipta herd immunity (kekebalan kelompok) dalam masyarakat. Program ini telah menyasar ke berbagai kalangan masyarakat terutama petugas kesehatan yang menjadi prioritas.

Proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia bakal dilakukan dalam empat tahap. Tahap 1 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Vaksinasi tahap 2 diberikan kepada petugas pelayanan publik yaitu:

1. Tentara Nasional Indonesia,

2. Kepolisian Negara Republik Indonesia,

3. Aparat hukum, dan

4. Petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, vaksinasi tahap dua juga diprioritaskan untuk kelompok usia lanjut atau 60 tahun ke atas.

Sedangkan vaksinasi tahap 3 diprioritaskan untuk masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Sementara sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. (Sumber : https://tirto.id/ggiv)

Jumat (11/6/2021), Puskesmas Sulang kerjasama dengan Pemerintah Desa Pragu melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga Desa Pragu. Vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Desa Pragu ini menyasar warga dengan kelompok usia 18 tahun - 59 tahun.

Dalam menyiapkan kegiatan ini, Pemerintah Desa Pragu dibantu oleh ketua RT yang diberi tugas untuk menginformasikan dan mendata warga yang akan ikut vaksinasi Covid-19, Polmas Desa Pragu, Babinsa, bidan desa, dan satgas PPKM mikro Desa Pragu.

Dari 142 orang warga yang mendaftar, sebanyak 124 orang berhasil divaksin dosis pertama. Sisanya terpaksa ditunda karena setelah dilakukan pengecekan kesehatan tidak memenuhi syarat penerima vaksin Covid-19.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung